Peringatan Hari Santri

Kota Malang (MAN 1 Kota Malang-Humas)- dalam memperingati Hari Santri Nasional, senin (22/10/2018) kali ini Seluruh civitas akademika untuk ustadz (guru), santriwan (pelajar laki-laki) memakai sarung, baju serba putih lengkap, dengan kopyah hitam, sedangkan ustadzah (guru), santriwati (pelajar perempuan) memakai busana muslim serba putih.

Dalam kegiatan ini kegiatan belajar-mengajar tetap seperti biasanya, kemudian dilanjutkan setelah sholat dzuhur dimulai dengan kegiatan Istighosah, dzikir bersama dan tausiyah.

Kegiatan ini diawali dengan tausiyah dari Kepala Madrasah, Drs. M. Husnan, M.Pd, beliau menyampaikan bahwa hari Santri Nasional yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober ini diperingati sebagai resolusi jihad bukti pengakuan negara atas jasa dalam memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan Indonesia yang dilakukan Syekh Hasyim Asy’ari dan tokoh ulama Islam dan para santri dengan melawan para penjajah.

“Kemerdekaan indonesia memang tidak lepas dari para santri dan ulama, karena memang tak hanya tentara yang berperang melawan penjajah, tercatat banyak ulama dan santri yang ikut berperang hanya dengan menggunakan bambu runcing untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia”, kata M. Husnan.

Kegiatan selanjutnya yakni Istighosah serta dzikir bersama oleh Drs. Sabilal Rosyad, M.Pd di Masjid Daarul Hikmah yang dihadiri oleh seluruh guru/karyawan serta seluruh santriwan/wati MAN 1 Kota Malang.

Sebelum memulai kegiatan Istighosah dan dzikir bersama, beliau berharap semoga dengan kegiatan ini menjadikan madrasah/ ma’had kita semua yang merupakan tempat menuntut ilmu agar dapat menjadikan orang yang berguna di dunia dan diakhirat nanti. Serta selalu menjadikan keberkahan dengan mengenang perjuangan para santri.

Komentar

Komentar

about author

admin

man1mlg@yahoo.co.id

<p>Pusiskom MAN 1 Kota Malang adalah sebuah unit terpadu yang didirikan pada tahun 2011.<br /> Pusiskom bertugas untuk mengontrol segala jenis kegiatan dan aktifitas yang berkaitan dengan Teknologi Informasi serta memantau dan mengembangkan terobosan dalam kemajuan Madrasah.</p>