Bimbingan Belajar

        Program Bimbingan Belajar merupakan program tambahan yang diwajibkan pada semua siswa. Bimbingan Belajar bisa dikatakan Responsif yaitu Penguatan konsep dan pengayaan materi yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan terus menerus sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi kelas XII program ini untuk mengantisipasi Ujian Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Favorit. Untuk kelas XI dengan materi mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan masing-masing siswa, sedangkan untuk siswa kelas X dengan materi yang sesuai dengan minat jurusan yang akan dipilih oleh siswa. Senen s/d Rabu. Selain pendalaman materi dan latihan-latihan soal.

Matrikulasi

Semua siswa baru wajib mengikuti program tambahan untuk mata pelajaran Bahasa Arab dan bahasa Inggris yang pelaksanaannya pada semester I

Pengayaan

Siswa yang tergolong cepat dan nilainya di atas rata-rata akan dikembangkan secara optimal dengan dibimbing oleh team guru atau mendatangkan tentor dari luar.

Remedial

Program ini diberikan kepada siswa yang tergolong lambat belajar dan nilainya di bawah KKM untuk semua mata pelajaran, dengan harapan tidak terjadi perbedaan yang terlalu jauh antara siswa cepat belajar dengan siswa yang lambat belajar

Tutor Sebaya

Siswa yang tergolong cepat dan nilainya di atas rata-rata diharapkan menjadi tutor bagi teman-teman di kelasnya.

Layanan Bimbingan Konseling

Dalam rangka untuk membantu siswa mengembangkan potensinya secara optimal, maka Bimbingan Konseling mempunyai 3 misi, yaitu :

  1. 1. Misi pendidikan, yaitu memfasilitasi pengembangan peserta didik melalui pembentukan perilaku efektif-normatif dalam  kehidupan keseharian dan masa depan.
  2. 2. Misi pengembangan, yaitu memfasilitasi pengembangan potensi dan kompetensi peserta didik di dalam lingkungan madrasah, keluarga dan masyarakat.
  3. 3. Misi pengentasan masalah, yaitu memfasilitasi pengentasan masalah peserta didik mengacu pada kehidupan efektif sehari-hari

Model pelayanan yang diberikan kepada siswa adalah :

  • 1. Klasikal
  • 2. Kelompok
  • 3. Individu
  • 4. Home Visit
  • 5. Tayangan Film